Weaning without crying..

Hi there emak2 dunia pernenenan! 😀  Lagi pengen sharing tentang sapih menyapih Nonon yang sebulan lagi mau 2 taun.  Berhubung dari 3 bulan yang lalu udah nemenin neneknya di Bandung, Nonon itung-itung latihan buat disapih secara ga langsung.  Walaupun setiap weekend saya ke Bandung buat nengokin, tapi at least dia udah membiasakan diri tanpa nenen sepanjang hari.  Dari mulai UHT sampe sufor jadi pengganti ASI selama liburan di rumah neneknya.  Dan alhamdulillahnya Nonon itu adaptable bukan hanya sama lingkungan atau temen baru, tapi juga sama minuman atau makanan *sebut saja dia rewog..hahaa!  Pelan-pelan dia mulai jarang ngerengek minta nenen, wajar sih awal-awal di Bandung, kalo pas saya berkunjung dia nemplok minta nenen tapi ga seheboh dulu.  Tiap malam pun dia malah pules, paling menjelang subuh pas lilir dia minta nenen.  Padahal saya udah planning buat make segala ramuan-ramuan madura *ehh 😀 ramuan tradisional, semacem pait-paitan buat nyapih dia, tapi ya berhubung dianya juga udah pelan-pelan ‘tersapih’ jadilah emaknya ini mengurungkan niatnya ngikutin trik-trik kaum emak-emak terdahulu 😀

2 minggu yang lalu saya sempet sakit, kompilasi *bukan komplikasi* yakali album solo 😀  antara maag-amandel-flu.  Warbyasssaaaa! Saya pas sakit-sakitnya itu ngungsi ke Bandung, nah biasanya kan kalo saya pulang Nonon langsung nemplok emaknya ini buat nenen, tapi berhubung dia liat saya tergolek lemah tak berdaya, sambil saya bilang pelan-pelan ke dia kalo saya sakit jadi nenennya ikut sakit, jadilah dia ga tega-eun meureun ya.. Dari situlah si doi mulai menjauhi si nenen *walopun kadang masih suka nyebut-nyebut, tapi sang emak berusaha merayu sampe titik darah penghabisan #lebays

Alhamdulillah pas saya udah sembuh nonon dibawa pulang lagi ke Purwakarta, ini minggu kedua dia disini.  Bruntus, iya.  Sumuk, pasti.   Rewog, tetep.  Nenen, alhamdulillah tidak 🙂 Emak bahagiaaaa banget, ga usah drama-drama ini itu.  Makasih ya nononnya amah *kecupbasah

Ya intinya saat menyapih sebisa mungkin dilatih dulu dikit-dikit buat ga tergantung sama nenen.  Dialihkan perhatiannya, dirayu, ditanamkan kepercayaan dirinya kalau dia sudah besar dan pelan-pelan tidak tergantung pada asi, serta dikasih pengertian-pengertian lain yang tentunya setiap ibu punya jurus-jurus tertentu tanpa harus berpatokan pada resep-resep nenek moyang.  Bawa santai aja, ga usah ribet, yang penting pake hati.  Insya Allah saat si ibu bisa menyampaikan dan mengajak dengan cara yang baik, si anak pun akan dengan ‘sukarela’ dan percaya diri tanpa nenen 🙂

 

Semoga besok-besok bisa sharing lagi…see ya moms!

Tinggalkan Balasan

